BANGLI KEMBALI SABET WTP :: Pemerintah Kabupaten Bangli

BANGLI KEMBALI SABET WTP

Sumber gambar : Bag. Protokol, Kerjasama dan Komunikasi Publik Setda Kab. Bangli

Pemerintah Kabupaten Bangli dibawah kepemimpinan Bupati I Made Gianyar dan Wakil Bupati Sang Nyoman Sedana Arta, kembali menorehkan prestasi dalam tata kelola keuangan daerah. Dimana kali ini Kabupaten Bangli kembali meraih, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Provinsi Bali, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017. Kepastian Kabupaten Bangli meraih WTP didapat setelah Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali Yulindra Tri Kusumo Nugroho menyerahkan langsung Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Bupati Bangli I Made Gianyar dan Ketua DPRD Bangli Ngakan Made Kutha Parwata, diruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Bali, Senin (28/5). Selain Kabupaten Bangli, kabupaten/kota lainnya di Bali juga meraih opini yang sama.
Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali Yulindra Tri Kusumo Nugroho pada kesempatan itu mengatakan, LHP atas laporan keuangan yang diserahkan tersebut terdiri dari tiga bagian, yakni LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2017, LHP atas Sistem Pengendalian Intern dan LHP atas Kepatuhan Terhadap peraturan perundang-undangan.
Ditambahkannya, meskipun berhasil meraih opini WTP, namun BPK masih menemukan adanya kelemahan system pengendalian intern (SPI) dalam penyusunan laporan keuangan dan ketidak patuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. 
Untuk itu, lanjut dia, BPK telah memberikan sejumlah rekomendasi untuk ditindaklanjuti pemerintah kabupaten/kota, selambat-lambatnya 60 hari setelah LHP diterima. Namun apabila ada temuan hasil pemeriksaan yang belum jelas, dapat mengusulkan pertemuan konsultasi dengan perwakilan BPK di Bali. “Selamat kami sampaikan kepada kabupaten/kota yang sudah meraih opini WTP. Kita minta pemerintah kabupaten/kota bisa terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah”pintanya.
Sementara itu, Bupati Bangli I Made Gianyar seuasai acara berlangsung mengatakan, keberhasilan Kabupaten Bangli kembali meraih opini WTP dua kali secara berturut-turut, tentu menjadi bukti nyata dari usaha dan kerja keras seluruh pegawai dilingkungan Pemkab Bangli, yang telah melakukan perbaikan terhadap kelemahan kelemahan yang terjadi dalam pengelolaan keuangan daerah selama ini.
Meskipun telah dua kali secara berturut meraih WTP, namun Bupati Made Gianyar tetap meminta pegawai di Bangli tidak cepat berpuas diri atau kendor, namun capaian ini bisa dijadikan motivasi untuk terus maju dan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan di Kabupaten Bangli. “Selamat dan terima kasih saya sampaikan kepada semua pegawai yang sudah berkerja dengan sangat keras. Tanpa kerja keras pegawai, tentu WTP tidak akan bisa diraih”ucapnya.
Sementara itu Ketua DPRD Bangli Ngakan Kutha Parwata pada kesempatan itu mengucapkan selamat kepada Bupati Made Gianyar dan Wabup Sedana Arta serta jajarannya atas keberhasilan Kabupaten Bangli meraih opini WTP. Menurutnya, predikat WTP yang diraih Bangli merupakan buah dari kerjakeras pegawai selama ini. Namun Kuta Parwata mengingatkan agar opini WTP tahun ini bukanlah hasil akhir, melainkan langkah awal untuk mencapai yang lebih baik kedepan. “Kita sudah dua kali berturut turut WTP, mudah-mudahan tahun depan opini WTP tetap bisa dipertahankan”pungkasnya.

Detail

  • Nama BANGLI KEMBALI SABET WTP
  • Kategori Prestasi

Berikan Respon

Bagikan Ini

Peta Lokasi