Kopi Arabika :: Pemerintah Kabupaten Bangli

Kopi Arabika

Sumber gambar : Pertanian

Kopi Arabika Kintamani kini sudah memiliki brand tersendiri bagi pencinta kopi, tidak hanya di pasar lokal bahkan juga dipasar internasional. Saat ini dari total luas 5.606 Ha perkebunan kopi yang ada di Kabupten Bangli, mampu memproduksi 2.506,490 ton/tahun. 

Bahkan melalui kerjasama antara Pemkab Bangli dengan Bank Indonesia Denpasar, Petani kopi di Bangli difasilitasi untuk melaksanakan Eksport Perdana Kopi Arabika Kintamani ke Korea Selatan pada tanggal 9 Nopember 2011.

Pemerintah Kabupaten Bangli bekerjasama dengan Bank Indonesa (BI) mengeksport Kopi Arabika Organik Kintamani untuk yang pertama kalinya. Dimana eksport yang pertama ini dikirimke Korea Selatan sebanyak 18 ton dengan perincian ekspor mencapai Rp1,2 miliar. “Eksport resmi ini sebenarnya berasal dari klaster Masyarakat perlindungan Indikasi Geografis (MPIG) yang terdiri dari masyarakat Kintamani pemilik dan pengolah kopi Arabika di Kintamani.

Tidak hanya ekspor kopi ke Korea Selatan, bahkan petani kopi di Kintamani sejak tahun 2005 silam sudah mengeksport kopi ke sejumlah Negara konsumen kopi seperti Amerika, Australia,Jepang dan Perancis.  

Detail

  • Nama Kopi Arabika
  • Kategori Pertanian

Berikan Respon

Bagikan Ini

Peta Lokasi