Pecah Telor Bangli Akhirnya Raih Opini WTP :: Pemerintah Kabupaten Bangli

Pecah Telor Bangli Akhirnya Raih Opini WTP

Sumber gambar : Protokol

BANGLI-PROTOKOL

Untuk kali pertama Kabupaten Bangli meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Provinsi Bali atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2016. Kepastian Kabupaten Bangli meraih WTP didapat setelah Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bali Yulindra Tri Kusumo Nugroho menyerahkan langsung Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan Plaket kepada Bupati Bangli I Made Gianyar dan Ketua DPRD Bangli Ngakan Made Kutha Parwata, diruang Auditorium Kantor BPK Perwakilan Bali, Jumat (2/6). Selain Kabupaten Bangli, kabupaten/kota lainnya di Bali juga meraih opini yang sama.


LHP atas laporan keuangan yang diserahkan tersebut terdiri dari tiga bagian yang tidak bisa dipisahkan, yaitu LHP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2016 yang memuat Opini Pemeriksaan, LHP atas Sistem Pengendalian Intern dalam Kerangka Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2016 dan LHP atas Kepatuhan Terhadap peraturan perundang-undangan dalam kerangka pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2016.


Meskipun berhasil meraih opini WTP, namun BPK tetap memberikan sejumlah rekomendasi untuk ditindaklanjuti Pemkab. Bangli selambat-lambatnya 60 hari setelah LHP diterima. BPK juga mendorong Pemkab Bangli untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan sesuai dengan rekomendasi, untuk memperbaiki kelemahan-kelemahan yang terjadi dalam pengelolaan keuangan daerah secara sistematik dan konsisten, termasuk dalam hal ini penerapan basis aktual dalam pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan daerah yang sudah mulai diterapkan mulai tahun 2015.


Bupati Bangli I Made Gianyar didampingi Wakil Bupati Sang Nyoman Sedana Arta, Ketua DPRD Bangli Ngakan Kutha Parwata serta Sekda Bangli I.B. Gde Giri Putra saat melaksanakan jumpa pers menyampaikan, rasa bangga sekaligus bahagia atas keberhasilan Kabupaten Bangli meraih opini WTP tahun ini. Terlebih WTP pertama kalinya bisa diraih sejak BPK melakukan pemeriksaan keuangan pemerintah. Sebelumnya Kabupaten Bangli hanya mampu meraih opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP).


Menurut Bupati Made Gianyar, keberhasilan ini tentu menjadi bukti nyata dari usaha dan kerja keras seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Bangli yang telah melakukan perbaikan terhadap kelemahan-kelemahan yang terjadi dalam pengelolaan keuangan daerah selama ini. “Tanpa kerja keras pegawai tentu WTP tidak akan bisa diraih” ungkapnya.


Sementara itu Ketua DPRD Bangli Ngakan Kutha Parwata pada kesempatan itu mengucapkan selamat kepada Bupati Made Gianyar dan Wabup Sedana Arta serta jajarannya atas keberhasilan Kabupaten Bangli meraih opini WTP. Menurutnya, predikat WTP yang diraih Bangli tahun ini merupakan buah dari kerja keras pegawai selama ini. Namun Kuta Parwata mengingatkan opini WTP tahun ini bukanlah hasil akhir, melainkan langkah awal untuk mencapai yang lebih baik ke depan. “Mempertahankan jauh lebih sulit dari meraih. Dengan kerja keras bersama, mudah-mudahan tahun depan opini WTP tetap bisa dipertahankan” pungkasnya.

Detail

  • Nama Pecah Telor Bangli Akhirnya Raih Opini WTP
  • Kategori Prestasi

Berikan Respon

Bagikan Ini

Peta Lokasi